I Love My Al Quran ( ILMA ) / tafsir Quran untuk anak-anak

I Love My Al-Quran (ILMA) membantu anak dan keluarga muslim untuk mempelajari Al Quran dengan cara yang menyenangkan. Pembaca akan diperkenalkan kepada kandungan makna ayat al-Quran,mengenal kosakata al-Quran, dan aspek aspek lain dari Al-Quran.

Mempelajari Al-Quran jadi lebih menyenangkan!
Spesifikasi terdiri dari:

1. Mushaf Al Quran

· 15 jilid,@44 hlm.

· Jenis kertas isi AP 180 gr

· Hard Cover

2. terjemahan dan tafsir/hikmah ayat

· terdiri dari 15 jilid hard cover, full color.

3. Kamus: kata-kata unik di al Quran

· 1 jilid,88 hlm.

· Jenis kertas isi: MP 150 gr

· Hard Cover

4. CD audio

· 16 lagu terjemahan surat-surat pendek

5. Buku teks lagu berisi terjemahan surat-surat pendek

· 1 jilid, 24 hlm.

· jenis kertas isi: MP 150 gr

· Soft Cover

6. Papan permainan

· Ukuran: 55 cm x 42 cm

· Jenis kertas: Magnetic Board


Manfaat I LOVE MY AL-QURAN
dalam mendorong anak untuk mencintai Al-Quran dengan cara yang menyenangkan:
  1. Membaca Al-Quran dengan tampilan yang menarik ditambah ilustrasi dekoratif yang penuh warna. Sehingga kegiatan membaca Al-Quran menjadi lebih asyik.
  2. Belajar membaca Al-Quran secara baik (tartil) dengan belajar tajwid langsung melalui latihan, bukan teori. Hukum tajwid itu diperkenalkan secara bertahap dengan sistem warna yang diterapkan langsung pada mushaf Al-Quran, pada beberapa halaman di jilid pertama.
  3. Memahami kandungan ayat Al-Quran/tafsir yang disajikan di samping setiap halaman terjemah ayat. Hikmah ayat ditulis dengan bahasa yang mudah dan komunikatif. Hikmah ayat ini akan membantu anak untuk mengenal kandungan Al-Quran secara bertahap.
  4. Mengenal kosakata Al-Quran secara bertahap yang disajikan pada setiap halaman. Anak-anak diharapkan akan semakin akrab dengan kosakata Al-Quran. Semua itu disajikan pada setiap halaman di 15 jilid buku utama, dan secara khusus pada satu jilid kamus Al Quran. Pada kamus, anak-anak akan diperkenalkan pada ratusan kosakata Al-Quran yang sudah dikelompokkan. Membaca Kamus ini mengasyikkan karena dihiasi ilustrasi dengan gaya beragam, yang akan menambah pengalaman visual anak.
  5. Memperluas wawasan dengan membaca Informasi tambahan yang berkaitan dengan ayat yang dibaca. Informasi itu bisa berupa peta, peristiwa sejarah, atau pengetahuan ilmiah. Semua itu bisa ditemukan pada box “kamu perlu tahu”.
  6. Mengetahui hubungan satu ayat dengan ayat yang lainnya atau satu ayat dengan sumber lain. Rujuk silang seperti itu bisa didapatkan di box “lihat juga”
  7. Khusus untuk orangtua disediakan box “untuk ayah dan ibu”. Berisi informasi tambahan yang perlu diketauhi ayah dan ibu dalam mendampingi putra putrinya ketika membaca buku ini.
  8. Menghafal secara cepat dan menyenangkan kandungan ayat 16 surat pendek melalui CD lagu-lagu yang dilengkapi buku lagu. Lagu-lagu ini disajikan dengan aransemen unik musik-musik dunia dan etnik. Insyaallah akan menambah wawasan musik anak-anak.
  9. Mengenal dan menghafal 114 nama surah beserta data seputar surat itu. Meliputi nama surah, arti nama surat, jumlah ayat, serta makkiyah-madaniah-nya. Semua itu dilakukan melalui permainan ular tangga yang mengasyikkan.
Pendapat para tokoh mengenai ILMA


I Love My Al-Quran merupakan salah satu cara yang unik lagi mutakhir yang kami duga keras akan sesuai dengan selera anak, sehingga akan mampu mendekatkan Al-Quran ke benak hati mereka.


(Prof. Dr. M. Quraish Shihab, penulis Tafsir Al-Mishbah)


Ada dua jenis buku anak yang sangat saya impikan. Pertama, jenis buku yang saya sebut dengan “khutbah untuk anak”. Sebuah buku yang menggerakkan jiwa dengan nilai-nilai spiritual Islam, tetapi tidak menggurui. Kedua, jenis buku yang menunjukkan, bukan mengatakan, kepada anak bahwa Al-Quran adalah petunjuk hidup, bukan sekadar bacaan. Saya bersyukur, Pelangi Mizan menghadirkan buku yang tidak hanya menunjukkan kehebatan Al-Quran. Lebih dari itu, I Love My Al-Quran menyajikan Al-Quran dalam wajah yang bersahabat dengan anak, lengkap dengan “tafsir”-nya. Sebuah langkah cerdas untuk mendekatkan anak pada Al-Quran dan mengantarkan mereka menjadi generasi Qurani.


(M. Fauzhil Adhim, Penulis dan Pakar Keayahbundaan)


Kreativitas adalah inti kebudayaan. Tanpa kreativitas, budaya mandek. I Love My Al-Quran (ILMA) adalah salah satu bentuk kreativitas untuk mengenal dan mencintai Al-Quran sejak dini. Semoga dengan ILMA ini, umat Islam semakin mencintai Al-Quran sebagai sumber inspirasi untuk berkreasi.


(Acil Bimbo, Musisi)


Salam sukses
Mugi Haryanti
PT. Mizan Dian Semesta
Jl. HOS Cokroaminoto
Tegalrejo TR III/435 A Yogyakarta
Telp. 0274 – 3152969; Fax. 0274 – 589893
www.pelangi-mizan.com/?ba=mugimds